Peresmian Kampung Siaga Covid-19, Kapolresta Banyumas Sumbang Alkes dan Sembako

oleh -
20200413 214652

NASIONALNEWS.ID, BANYUMAS- Dengan maraknya penolakan jenazah positif Covid-19, kini beberapa Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Banyumas membolehkan jenazah positif Covid-19 dimakamkan. untuk itu dibentuklah Kampung Siaga Covid-19 yang dipusatkan di Posko Covid-19 RT 1 RW 4 Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.

Kapolresta Banyumas, Kombes Wisnu Charaka hadir dalam peresmian Kampung Siaga Covid-19 yang dipusatkan di Posko Covid-19 RT 1 RW 4 Desa Banjaranyar. Dalam kesempatan tersebut Kapolresta menyerahkan bantuan alat kesehatan (Alkes) dan sembako secara simbolis berupa, masker 360 pcs, alat semprot disinfektan 2 unit, sembako 50 paket, sabun cuci tangan, lampu rotor, mantel dan dua baner yang bertuliskan Kampung Siaga.

Wisnu mengatakan, bahwa ada beberapa hal yang menjadi perhatian pihak Polresta di Desa Banjaranyar. Kepala Desa Banjaranyar mampu mengedukasi warganya, sehingga jenazah korban Covid-19 bisa dimakamkam di TPU Banjaranyar.

“Saya Kapolresta Banyumas, sangat mengapresiasi Desa Banjaranyar ini, semoga Desa Banjaranyar menjadi contoh untuk desa-desa yang lainya,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta juga menimbau kepada warga Desa Banjaranyar yang masih berada diluar kota untuk tidak mudik, dan agar bisa menjaga diri sendiri, saudara kita dan masyarakat.

Dalam peresmian Kampung Siaga Covid-19 tersebut Kapolresta Banyumas Kombes Wisnu Charaka didampingi Kasat Intelkam Kompol Sulistyo DC, Kapolsek Sokaraja AKP Jasmin, anggota Babinsa, serta Satgas Kampung Siaga Covid-19 Desa Banjaranyar.

 20200413 214600

Sementara Kepala Desa Banjaranyar, Karseno merasa prihatin dengan kondisi seperti sekarang ini, dengan adanya penolakan jenazah positif Covid-19 oleh warga di beberapa desa di Kabupaten Banyumas.

“Saya selaku kepala desa sudah melakukan koordinasi dan edukasi kepada warga masyarakat Banjaranyar, akhirnya Desa Banjaranyar mempersilahkan pihak pemerintah Kabupaten Banyumas untuk memakamkan jenazah positif Covid-19, apabila ada korban lagi silahkan dimakamkan di desa kami,” kata Karesno.

Karseno menyampaikan kepada Kapolresta, bahwa Desa Banjaranyar menjadi salah satu desa yang siap menerima jenazah korban Covid19 untuk dimakamkan di TPU Desa Banjaranyar. Hal tersebut disampaikan Karseno saat memberikan sambutan dalam peresmian Kampung Siaga Covid-19, Senin (13/4/2020)

Beberapa waktu yang lalu, sebelum diresmikanya kampung siaga Covid-19, Karseno dan beberapa kepala desa lainya sempat di undang Bupati Banyumas Achmad Husain ke Pendopo sebagai betuk apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas.

Sementara salah satu pelopor Kampung Siaga Covid-19 berpendapat, dengan diresmikanya Kampung Siaga Covid-19 di Desa Banjaranyar sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dengan didirikanya Kampung Siaga Covid-19 maka di pintu masuk Desa Banjaranyar akan mudah mengontrol masyarakat yang masuk dan keluar Desa Banjaranyar dengan cara tes suhu menggunakan Thermogun dan bila ditemukan kondisi kurang sehat maka akan dibawa ke Puskesmas Sokaraja. (Imam Suratno)