Pemborong Copot Segel, Warga Jakbar Tekan Sudin Citata Berikan Sanksi Tegas

oleh -
timephoto 20240621 125133

Nasionalnews.id, Jakarta – Tidak sesuai perizinan, sebuah bangunan 6 lantai yang beralamat di Jalan Taman Daan Mogot II no 24 Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat disegel Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Kota Administrasi Jakarta Barat. Namun sangat disayangkan, segel tersebut hanya berlaku kurang lebih satu Minggu, pasalnya pihak pemborong melepaskan kembali.

Atas dilepasnya Segel tersebut warga menduga pihak Sudin Citata Kota Administrasi Jakarta Barat dengan pihak pemborong ada persengkokolan.

Sebelumnya, Rio kepada nasionalnews.id menginformasikan bahwa bangunan yang melanggar Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), sudah dilakukan penyegelan. Bahkan penyegelan tersebut dilakukan didepan pintu gerbang. Namun setelah beberapa hari, segel tersebut sudah dilepas kembali.

“Setau saya, kalau bangunan sudah disegel, prosesnya agak lama, bukan seminggu lalu dilepas kembali. Ini sama seperti mengelabui. Seolah-olah sudah ditindaklanjuti, jangan-jangan ada persengkokolan, karena bangunan tersebut jelas melanggar dua lantai,” ujar Rio.

Rio juga menegaskan, bila pihak Citata tidak ada persengkokolan dengan pihak pemborong, ia meminta sanksi tegas diberikan sesuai Pasal 243 ayat 1 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Itu kan jelas, melepas segel. Barang siapa yang sengaja memutus, membuang atau merusak penyegelan suatu benda oleh atas penguasa umum yang berwenang atau dengan cara lain menggagalkan penutup dengan segel diancam dengan Pidana Penjara paling lama 2 tahun 8 bulan,” jelasnya.

screenshot 2024 06 22 09 00 44 12 6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7
Lokasi pintu gerbang yang sudah disegel pihak Sudin Citata Kota Administrasi Jakarta Barat

Sementara salah satu pekerja di lokasi membenarkan, kalau bangunan tersebut sudah dilakukan penyegelan oleh dinas terkait di pintu gerbang. Namun dia lupa kapan penyegelannya tersebut.

“Ya segelnya disini, pintu gerbang, tapi kurang lebih satu Minggu boss sudah suruh lepas lagi. Kalau kita kan hanya pekerja. Apa yang disuruh bos ya kita lakukan,” jawab salah satu pekerja kepada Nasionalnews.id, Jumat (21/6/2024).

Sementara Kasi Citata Ucok Pane saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp terkait penyegelan bangunan tersebut dilakukan di pintu gerbang ia membenarkan.

“Iya,” jawabnya.

Ia juga mengucapkan terima terkait informasi yang didapat dan akan melakukan pengecekan ke lapangan.

“Terima kasih infonya, akan kita cek ke lapangan,” jawabnya lagi.

timephoto 20240621 125144
Foto: papan perizinan tertulis 4 lantai, namum fisik dibangun 6 lantai

Jauh sebelumnya juga diberitakan Nasionalnews.id, Bangunan yang diperuntukkan untuk rumah kos yang berada di Jalan Taman Daan Mogot 11 no 24, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Warga menyebut Sudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat nyayur ratusan juta.

Hengky warga Jakarta Barat mengatakan, bahwa bangunan tersebut, terkait izin bangunannya hanya 4 lantai, namun sekarang ini sudah berdiri, 6 lantai.

“Masalah izin bangunan, itu kan saya yang urus dan itu hanya 4 lantai, kenapa sekarang berdiri 6 lantai artinya Sudin Citata pegang pelanggaran ratusan juta,” kata Hengky ke Nasionalnews.id, Minggu (21/4/2024).

Menurut Hengky pelanggaran satu lantai itu bisa bernilai seratus jutaan.

“Itu kan pelanggaran dua lantai, artinya kalau dua lantai bisa dua ratusan jutaan. Dan kalau memang Sudin Citata tidak merasa menerima koordinasi, saran saya lebih baik direkomtek atau bongkar,” jelas Hengky.

Sementara Kasi Pengawasan Sudin Citata Jakarta Barat Ucok Pane saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp pada Selasa (22/4/2024) belum memberikan jawaban sampai berita ini ditayangkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.