Dua Tahun Warganya Tidak Mudik, Bupati Lamongan Kunjungi Jakarta

oleh -
img20210613103624

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Dua tahun warga asli Lamongan tidak bisa mudik karena Covid-19, Bupati Kabupaten Lamongan, Jawa Timur datang ke Jakarta.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Lamongan tersebut, disamping bisa bersilaturahmi dengan warganya yang tidak bisa pulang kampung, juga menghadiri Pagelaran Seni Budaya Daerah dan Pemeran Produk Unggulan Kabupaten Lamongan di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (13/6/2021).

Bupati Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi serta memperkenalkan seni budaya Kabupaten Lamongan.

“Kegiatan ini sekaligus untuk melepaskan rasa kangen warga Kabupaten Lamongan yang ada di perantauan, dan Alhamdulillah acara ini sukses berjalan lancar,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan Mifta Alamudin kepada awak media menuturkan, Lamongan mendapatkan kesempatan mempromosikan agenda tahunan pagelaran seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta.

“Ini agenda tahunan yang difasilitasi Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim untuk menampilkan karya seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di tingkat nasional. Untuk seni budaya agendanya tanggal 13 Juni 2021 sedangkan produk unggulan tanggal 12-13 Juni 2021,” ujar Mifta Alamudin,

Udin sapaan akrab Mifta Alamudin mengungkapkan, pagelaran seni budaya yang dipromosikan Kabupaten Lamongan itu pertunjukan yang menggabungkan antara seni tari dan drama Prahara Kali Lamong.

“Semua acara memang yang menyetting dari pihak penyelenggara (TMII). Jadi tiap tahun semua daerah menampilkan sendratari atau drama tari hanya kemasan atau ceritanya yg berbeda tiap tahunnya. Lamongan menampikan cerita Prahara Kali Lamong,” katanya.

Cerita Prahara Kali Lamong, jelas Udin, itu menampilkan cerita tentang Panji Laras Liris khususnya saat proses lamaran dengan Putri Kediri Andanwangi dan Andansari.

“Bukannya berlanjut ke proses pernikahan tapi malah berujung peperangan di perbatasan Lamongan (kali lamong),” tuturnya.

Pada 2 tahun yang lalu pada event yang sama dengan paket khusus, Udin menambahkan, Lamongan juga mempromosikan seni budaya Lamongan ke level nasional dan internasional.

“Dalam acara tersebut duta negara sahabat juga turut hadir,” ucapnya

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan Mokhammad Zamroni ketika dikonfirmasi wartawan menyampaikan, produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jatim TMII Jakarta kerajinan batik, produk makanan khas Lamongan, craft, souvenir, jajanan dan merchandise.

“Yang jelas mempromosikan kerajinan craf, batik sendang, tenun ikat, batik parengan dan beberapa olahan makanan,” ungkapnya.

Mokhammad Zamroni juga menjelaskan, produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta bersama dengan seni budaya Kabupaten Lamongan.

“Adapun undangan sekitar 250 orang bersama Paguyuban Perantauan Asal Lamongan ( PUALAM) acara tersebut akan diadakan,” ujarnya.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.