Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Tasikmalaya dan Garut

oleh -

NASIONALNEWS.ID TASIKMALAYA – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 yang mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat pada Sabtu,(27/4/2024) sekira pukul 23.29 WIB, mengakibatkan beberapa rumah dan bangunan termasuk gedung Pramuka rusak parah.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (BNPB), Abdul Muhari, ada 27 unit rumah yang rusak akibat gempa di kabupaten Garut.

Muhari menyebut, 27 rumah itu terletak di sembilan kabupaten dan satu kota terdampak akibat gempa tersebut. Wilayah terdampak adalah Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Rincian berdasarkan tingkat kerusakannya meliputi 4 unit rumah rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), 5 unit rumah rusak ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak. Dari total jumlah tersebut, kerusakan sebagian besar berada di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Sementara salah satu anggota Polsek Pamempeuk, Bripka Faisal, yang bertugas memantau di pantai sayang heulang mengatakan, situasi di tempat wisata masih terpantau kondusif.
Namun demikian, menurut Faisal gempa yang berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer dengan titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT tersebut tidak berpotensi tsunami.  Ia juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya pengunjung Pantai Sayang Heulang untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Adek S.)

No More Posts Available.

No more pages to load.