ASN Jakbar Kerja Bakti di Jatipulo

oleh -

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA– Jajaran ASN Pemerintah Kota  (Pemkot) Jakarta Barat bersama warga di jalan Wijayakusuma Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, melaksanakan kerja bakti guna pencegahan banjir, Minggu 22/12/2019.

Kegiatan kerja bakti tersebut, dihadiri Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi.

Lurah Jatipulo Kecamatan Palmerah Ari Kurnia mengatakan, kegiatan kerja bakti itu berawal pengurasan lumpur dan pengangkatan sampah di saluran penghubung (PHB) yang mengalami pendangkalan.

“Pengurasan lumpur dilakukan oleh pasukan Petugas Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), pasukan Sumberdaya Air (SDA) dan pasukan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air serta pasukan Bina Marga dengan dibantu warga sekitar,” kata Ari

Ari juga menjelaskan, kegiatan tersebut berlanjut pembuatan bak kontrol melalui rumah warga Jalan Wijayakusuma sebanyak 3 titik untuk memudahkan pengangkutan sampah dan pengurasan saluran.

“Selanjutnya pihak Damkar menyemprot lumpur untuk mendorong lumpur dan sampah,” ujarnya.

Masih dikatakannya, pemindahan utilitas yang dianggap perlu yang berada di dalam saluran PHB oleh Bina Marga, serta penopingan pohon oleh Sudis Kehutanan untuk pohon yang dianggap rawan tumbang.

Selanjutnya dilakukan pembuatan jaring atau trap sampah agar sampah tidak masuk ke saluran phb tertutup dan sukar dibersihkan nantinya. Serta adanya kontrol harian trap sampah oleh PPPSU untuk diangkut setiap hari.

“Hasilnya, sampah lumpur 5 dump truk / 40 m3, sampah 3 dump truk / 24 m3.Kemudian
sampah daun/pohon 2 dump truk / 16 m3,” ucapnya..

Sementara Camat Palmerah Firmanudin menambahkan, kegiatan kerja bakti masal itu tujuannya dalam rangka penanganan banjir, khususnya diwilayah Kecamatan Palmerah.

“Jumlah personil sebanyak 500 orang yang terdiri dari jajaran Suku Dinas Lingkungan hidup, jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air, PPSU, Suku Dinas Bina marga. Suku Dinas Taman, Gulkar, Masyarakat, RT, RW dan seluruh UKPD,” jelasnya.

Camat juga menjelaskan, kerja bakti yang dilakukan itu difokuskan pada saluran saluran air diwilayah Jatipulo Palmerah. Selain dari itu, kegiatan kerja bakti masal juga dilakukan penyedotan lumpur disaluran air.

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan PPSU juga selalu membersihkan tali tali air,” pungkas  Firmanudin. (BB)