Pembangunan Trotoar di Jalan Peta Utara Tutup Saluran Air ke Saluran Induk

oleh -
img 20230720 wa0083
Foto diambil dari jurnalkota Online

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Pembangunan Trotoar di Jalan Peta Utara nomor 70 Kelurahan Pegadungan. Kecamatan Kalideres, Kota Administrasi Jakarta Barat diduga mengabaikan surat edaran kepala Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi DKI Jakarta nomor 12/SE/202 tentang Pedoman penataan trotoar dan perlengkapannya di Provinsi DKI Jakarta

Dalam surat edaran tersebut bahwa, Penataan Jalur pejalan kaki kawasan sekitar harus memenuhi ketentuan fasilitas minimal buffer/zona amenities, bollard, ramp, ubin pemandu dan tutup bak kontrol saluran.

Dari pantauan di lokasi, pembangunan trotoar dengan panjang 13m lebar kurang lebih 2m tidak memiliki saluran air dari Jalan ke dalam ke saluran induk. Salah satu pekerja di lokasi kerjaan yang mengaku sebagai nama Awi mengatakan, kerjaan ini hampir 3 Minggu sudah selesai.

“Selesai kerjaan ini, kami kerjaan sudah hampir 3 Minggu, kalau mengenai Saluran air dari jalan kami tidak tau, karena kami di perintah bikin bak kontrol aja,” kata Awi secara singkat di lokasi Kamis (20/7/23).

Pengamat perkotaan Lukman Hadi saat diminta tanggapannya tentang pembangunan trotoar yang menutup saluran air dari jalan ke Saluran mengatakan, dalam petunjuk pembangunan trotoar itu ada di ranah Bina Marga, seharusnya Bina Marga peka terhadap penataan trotoar yang dilakukan para pengusaha maupun perorangan, karena trotoar itu salah satu pendukung terhadap ke indahan Kota

“Izin Mendirikan Bangunan Prasarana (IMBP) (INRIT) ada di Suku Dinas Bina Marga. Bina Marga harus peka, jangan ada pembiaran, karena ke indahan Kota itu ada dalam trotoar, jangan ada pembiaran atau pura pura tidak tau,” kata Lukman Hadi secara singkat melalui WhatsApp Kamis (20/7/23).

Tentang penutupan saluran air dari jalan ke Saluran Induk, wartawan jurnalkota.online menghubungi Kasudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Barat. Darwin Ali melalui WhatsApp, enggan memberikan jawaban.

No More Posts Available.

No more pages to load.