Warga RW 02 Desa Kalikidang Bentuk KPM

oleh -
Img 20200820 Wa0120

NASIONALNEWS.ID, BANYUMAS – Warga masyarakat RW 02 Desa Kalikidang, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah berkumpul membentuk Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (KPM) di kediaman ketua RT, Yanto, Kamis (20/8/2020)

Sebelumnya Yanto menemui anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Seksi pemberdayaan masyarakat untuk mengajukan sebuah kegiatan bidang usaha.

Anggota BPD Prio membenarkan atas kedatangan warga yang bernama Yanto dengan mengusulkan sebuah kegiatan bidang usaha.

“kita tampung usulan atau permintaan dari warga dan akan kita ajukan ke pihak Pemerintah Desa untuk di realisasi di tahun 2021. Karena dari jumlah dana desa yang ada sebesar 30% di peruntukan untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa,” kata Prio.

Sementara Agus selaku Kepala Dusun (Kadus) dari perwakilan Pemerintah Desa Kalikidang mengucapkan terimakasih atas dibentuknya Kelompok Pemberdayaan Masyarakat.

“Saya berterimakasih atas antusiasme masyarakat telah membentuk Kelompok Pemberdayaan Masyarakat, Bina Usaha, namun sebuah kelompok harus punya schedule kerja ke depan,” ungkap Agus

Yanto sebagai ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat, Bina Usaha, menambahkan, pihaknya akan memberikan benih ikan dan akan mengumpulkan sejumlah uang dari anggota untuk modal awal.

“Saya akan siapkan benih guna mengawali kegiatan sekitar 100 kg benih ikan bawal dan uang Rp 1,2 juta, kita kumpulkan dari anggota kelompok sebagai modal awal perawatan benih bawal, yang mana kita bisa hasilkan 300 kilogram dengan jangka waktu 6 hingga 8 bulan kedepan, dengan ketentuan diberikan pakan dua kali dalam sehari,” ujar Yanto.
(Imam S)